Cafe Bisnis Online
Cafe Bisnis Online
Cafe Bisnis Online
Cafe Bisnis Online
Cafe Bisnis Online

Senin, 14 Februari 2011

Mengaca Lah sebelum Kaca pecah

Posted by Dunia Iklan 21.29, under | No comments

Seluruh umat di dunia tahu bahwa kaca merupakan alat bantu untuk melihat diri sendiri. Kita tidak akan mengetahui rupa kita seperti apa tanpa sebuah kaca. Dalam hal ini kaca sering diibaratkan dengan tingkah laku kita, ucapan kita, pergaulan kita, dimana pun kita berada pasti ada kaca dalam diri kita. Kaca di sini sebagai simbol untuk melihat diri sendiri, apakah diri kita sudah lebih baik dari orang lain atau diri kita sama dengan orang lain ataukah diri kita lebih buruk dari orang lain.

Kita sering mengucapkan kata – kata yang kurang mengenakkan bagi orang lain sedangkan kita belum tentu baik dimata orang lain. Kaca dalam diri kita sangatlah penting adanya untuk melihat kemampuan kita diantara orang – orang sekitar kita. Tahukah anda bahwa keseharian kita sering membicarakan tentang keburukkan orang, apalagi orang itu yang kita tidak suka, kita benci, semakin semangat kita membicarakannya, bukan begitu saudara ?, sebelum kita mebicarakan orang lain tentang keburukannya, marilah kita mengaca pada diri sendiri, mungkin saja kita pernah melakukan hal yang sama dengan apa yang di lakukan orang yang kita bicarakan.

Apabila kita berucap kata seenaknya sendiri, tanpa melihat diri sendiri terlebih dahulu, kita salah satu termasuk manusia yang egois, bermuka badak, bermuka tank, dan lain – lain. Hal itu menunjukkan bahwa kaca dalam diri kita sudah pecah, tidak ada lagi kepedulian kita terhadap orang lain, apakah perasaan orang lain, tersinggung, kecewa dengan perkataan kita, aku adalah aku dan kamu adalah kamu. Hanya kesombongan muncul dalam diri kita, untuk meninggi di hadapan orang lain. Padahal kita tidak tahu bahwa kita juga sedang diperolok oleh orang lain.

Marilah saudara, kita perbaiki diri kita, mengaca pada diri sendiri untuk menjalani kehidupan sehari – hari. Apabila ada tetangga yang sedang dibicarakan di lingkungan kita, berpikirlah positif. Jika yang dibicarakan itu benar adanya, kita harus peduli terhadap mereka, peduli dengan tidak membicarakan keburukan mereka. Kita harus mengaca pada diri kita, mungkin saja kita pernah mengalami hal yang sama atau mungkin suatu saat nanti hal itu akan menimpa kita, kita tidak tahu.

Kunci dari semua itu adalah rendah hati, peduli terhadap orang sekitar, mampu mengkondisikan diri dalam suatu situasi, mendekatkan diri kepada Tuhan dan sebagainya, dengan seperti itu kita akan disegani oleh orang lain dan rasa saling menghargai dan menghormati akan muncul dengan sendirinya. Masih ada waktu untuk memperbaiki diri kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Cafe Bisnis Online
Cafe Bisnis Online
Cafe Bisnis Online

Tags

Blog Archive